RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1: Mengintegrasikan PPK, Literasi, dan HOST dalam Pembelajaran Abad 21
Download RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh setiap guru. RPP merupakan dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran yang disusun oleh guru untuk setiap kompetensi dasar. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, manfaat, ciri-ciri, contoh, dan cara download RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1.
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1
Pengertian RPP
RPP adalah singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dalam menyusun RPP, guru harus mengacu pada silabus yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum.
RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru untuk setiap kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah penjabaran dari kompetensi inti yang mencakup pengetahuan, keterampilan, sik Kompetensi dasar adalah penjabaran dari kompetensi inti yang mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang harus dikuasai oleh siswa. Setiap kompetensi dasar memiliki indikator pencapaian kompetensi yang mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar tersebut. Guru harus menyusun RPP untuk setiap kompetensi dasar yang akan diajarkan dalam satu atau lebih pertemuan.
RPP harus sesuai dengan kurikulum, standar kompetensi, dan indikator pencapaian kompetensi
Kurikulum adalah rencana pendidikan yang berisi tujuan, isi, proses, dan penilaian pembelajaran. Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi. Standar kompetensi adalah kriteria minimal yang harus dicapai oleh siswa dalam menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Indikator pencapaian kompetensi adalah ukuran yang digunakan untuk menilai sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi dasar. RPP harus disusun sesuai dengan kurikulum, standar kompetensi, dan indikator pencapaian kompetensi yang berlaku.
RPP harus memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran adalah bahan ajar yang relevan dengan tujuan pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik siswa. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan guru untuk menunjang proses pembelajaran. Sumber belajar adalah sumber informasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi tentang hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.
Manfaat RPP
RPP memiliki banyak manfaat bagi guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat RPP:
RPP membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
Dengan RPP, guru dapat menentukan apa yang akan diajarkan, bagaimana cara mengajarkannya, dan bagaimana cara menilainya. RPP juga dapat membantu guru dalam mengatur waktu, sumber daya, dan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. RPP juga dapat membantu guru dalam mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa.
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 model discovery learning
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 platform nearpod
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 berbasis aktivitas saintifik
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 sesuai situasi dan kondisi tempat tugas
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 di perbatasan dengan negara malaysia
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 format satu lembar kurikulum 2013 revisi 2022
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 tentang peristiwa kebangsaan masa penjajahan
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 tentang peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 tentang peristiwa mengisi kemerdekaan
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 tentang literasi dan kegiatan berbasis proyek
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dari ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dari websiteedukasi.com
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penulis tri adi susanto
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penulis niken eka priyani
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dengan diterbitkan pada desember tahun lalu
download rpp kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran luring
download rpp kelas online tema peristiwa dalam kehidupan untuk sd/mi semester genap
download contoh rpp tematik integratif untuk sd/mi kurikulum terbaru
download silabus dan rpp sd/mi lengkap semua mata pelajaran dan semua semester
download bahan ajar sd/mi berbasis kurikulum nasional terbaru dan terlengkap
cara membuat rpp tematik yang menarik dan efektif untuk siswa sd/mi
tips memilih model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan belajar tematik sd/mi
langkah-langkah mengimplementasikan model discovery learning dalam pembelajaran tematik sd/mi
kelebihan dan kekurangan platform nearpod sebagai media pembelajaran interaktif untuk siswa sd/mi
pengertian dan contoh aktivitas saintifik dalam pembelajaran tematik berbasis inkuiri sd/mi
strategi menyesuaikan rpp tematik dengan situasi dan kondisi tempat tugas guru sd/mi di daerah terpencil atau perbatasan
pengaruh peristiwa kebangsaan masa penjajahan terhadap perkembangan bangsa indonesia saat ini bagi siswa sd/mi
makna dan nilai-nilai proklamasi kemerdekaan bagi siswa sd/mi dalam menghadapi tantangan globalisasi
upaya-upaya mengisi kemerdekaan yang dilakukan oleh para pahlawan nasional bagi siswa sd/mi dalam mempertahankan kedaulatan negara
pentingnya literasi dan kegiatan berbasis proyek bagi siswa sd/mi dalam meningkatkan kompetensi abad ke-21
sumber belajar online gratis untuk guru dan siswa sd/mi dari kemdikbud.go.id
manfaat bergabung dengan komunitas guru berbagi untuk meningkatkan profesionalisme guru sd/mi
cara mendownload file-file pendidikan dari websiteedukasi.com secara mudah dan cepat
profil dan prestasi penulis tri adi sus
RPP membantu guru dalam mengembangkan kreativitas, inovasi, dan profesionalisme
Dengan RPP, guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan, minat, bakat, dan potensi siswa. Guru juga dapat menggunakan berbagai metode, media, dan sumber belajar yang bervariasi dan menarik. Guru juga dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya dengan melakukan refleksi dan perbaikan terhadap RPP yang telah dibuat.
RPP membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa
Dengan RPP, guru dapat menyajikan materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi. Guru juga dapat mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Guru juga dapat memberikan penilaian yang objektif dan akurat terhadap hasil belajar siswa.
Ciri-ciri RPP yang baik
RPP yang baik memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut: RPP yang baik harus sistematis, logis, fleksibel, dan komunikatif
Sistematis berarti RPP disusun secara teratur dan terstruktur sesuai dengan komponen-komponen yang harus ada. Logis berarti RPP disusun secara beralasan dan berdasarkan pada data dan fakta yang valid. Fleksibel berarti RPP dapat disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang terjadi di lapangan. Komunikatif berarti RPP dapat dipahami dan dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan mudah.
RPP yang baik harus mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ditetapkan kurikulum
Kompetensi inti adalah kompetensi yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang harus dimiliki oleh siswa, yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi dasar adalah penjabaran dari kompetensi inti yang lebih spesifik dan operasional. RPP yang baik harus mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ditetapkan kurikulum 2013 untuk setiap mata pelajaran dan jenjang pendidikan.
RPP yang baik harus memperhatikan karakteristik siswa, lingkungan belajar, dan sumber belajar yang tersedia
Karakteristik siswa meliputi aspek fisik, psikologis, sosial, budaya, dan spiritual yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Lingkungan belajar meliputi aspek fisik, sosial, emosional, dan intelektual yang mempengaruhi suasana dan kondisi pembelajaran. Sumber belajar meliputi aspek materi, metode, media, dan penilaian yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran. RPP yang baik harus memperhatikan ketiga aspek tersebut agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.
Contoh RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1
Berikut adalah contoh RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang menggunakan model discovery learning dan platform nearpod:
Komponen
Isi
Identitas Sekolah
Nama Sekolah: SD Negeri 01 Kota XKelas/Semester: V/2Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia dan IPA, IPSAlokasi Waktu: 2 x 35 menit
Tema/Subtema/Pembelajaran
Tema: Peristiwa dalam KehidupanSubtema: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan<b